Pojok BEI Universitas Andalas

Bakrieland Kaji Opsi Pendanaan Rp 2 Triliun

Posted on: Januari 6, 2010

Senin, 4 Januari 2010 15:10:59
StockWatch (Jakarta) – PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) membutuhkan dana sekitar Rp2 triliun untuk membiayai berbagai proyek pada 2010. Proyek itu meliputi city property, landed residential dan jalan tol. “Kebutuhan ini termasuk untuk masuk sebagai mitra dalam ruas tol baru. Belum bisa kita sebut, tapi ada lebih dari dua ruas tol di Jawa yang saat ini sedang dalam pembicaraan,” kata Presiden Direktur ELTY, Hiramsyah S Thaib ketika ditemui di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), di Jakarta, Senin (4/1)

Hiramsyah menambahkan, opsi pilihan pendanaan proyek perseroan tersebut belum final. “Untuk pendanaan tahun ini, kita mengkaji kemungkinan penerbitan obligasi dolar, mungkin juga kombinasi dengan rupiah, rights issue atau pendanaan mitra strategis. Semua masih dikaji,” jelasnya.

Untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan proyeknya, ELTY memiliki opsi melepas sebagian saham anak usahanya, PT Bakrie Toll Road (BTR) pada akhir 2010. “Mungkin sekitar 10% yang akan dilepas. BTR berencana menerbitkan obligasi sebesar Rp500 miliar pada tahun ini untuk memenuhi kebutuhan pendanaan proyek jalan tol perseroan,” katanya.

Selain itu, perseroan akan menganggarkan dana sebesar Rp510 miliar untuk melakukan Pembelian Kembali Saham (PKS) hingga Februari 2010. PKS dilakukan sehubungan dengan jatuhnya harga saham ELTY akibat sentimen negatif gagal bayar Dubai World. Limitless LLC, anak usaha Dubai World merupakan mitra strategis ELTY di berbagai proyek properti.

Saham yang telah dibeli kembali, menurut Hiramsyah, akan dilepas kembali ke pasar dalam dua opsi, yaitu dalam bentuk obligasi konversi dan penjualan secara terbatas (blocksale) kepada mitra strategis. (Irawan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

muy

%d blogger menyukai ini: