Pojok BEI Universitas Andalas

JATS-Next G vs TOS

Posted on: Mei 19, 2009

Otoritas Bursa Efek Indonesia memastikan akan memberikan sanksi kepada PT. Trimegah Sekuritas Tbk. Terkait dengan gangguan sistem internal TRIM yang mengakibatkan perdagangan BEI terhenti (error). BEI akan melakukan audit terhadap sistem integral Trimegah.
Sementara itu, manajemen TRIM mengakui kesalahannya lantaran telah menyebabkan gangguan sistemik pada Jakarta Automated Trading System- Next Generation (JATS-Next G) pada perdagangan Kamis tanggal 23 April 2009 lalu.
Trimegah memang sedang dalam peralihan penggunaan sistem ketika gangguan terjadi. Sejak Maret 2009, Trimegah menjalankan sistem secara paralel, yakni Trimegah Online System (TOS) S21. Dalam peralihan tersebut terdapat beberapa gangguan pada seluruh sistem JATS. Namun karena beberapa kali terjadi gangguan kecil, sistem TOS tetap digunakan oleh sekitar 50 orang broker.
Otoritas bursa sebaiknya mengambil langkah yang bijaksana atas gangguan yang terjadi pada beberapa waktu yang lalu. Tentunya yang dirugikan disini adalah investor dan masyarakat pada umumnya, karena perdagangan terhenti. Selain itu, perlu dipertanyakan tentang kesiapan internal Trimegah dengan sistem TOS mereka sendiri.

Dari sini diharapkan kordinasi antara otoritas bursa dengan Trimegah agar kejadian yang sama tidak terulang lagi karena akan menyebabkan kinerja bursa tidak efektif.

Jasrino,
Divisi litbang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

muy

%d blogger menyukai ini: